Sabar, Tol Medan-Binjai seksi Helvetia-Marelan Tinggal Penyempurnaan

Share this:
BMG
Gerbang tol Binjai. Foto diamankan belum lama ini.

BINJAI, BENTENGLANGKAT.com– Ruas tol Medan-Binjai seksi Helvetia-Marelan sepanjang 2,7 km hingga saat ini belum bisa dioperasikan. Pasalnya, masih ada 5 persen lagi keseluruhan pekerjaan tol itu yang belum selesai dikerjakan.

“Masih ada 5 persen lagi yang belum siap, tapi sebenarnya itu pekerjaan kecil. Sifatnya penyempurnaan-penyempurnaan,” ujar Manajer Pelaksanaan Proyek Tol Medan-Binjai Mahar Muliawan, Jumat (27/7/2018).

Lalu, kapan seksi Helvetia-Marelan itu dibuka? Mahar mengungkapkan sepenuhnya tergantung Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Sebenarnya, untuk dioperasikan fungsional sudah bisa, sama seperti pada musim mudik Lebaran lalu. Tetapi kan selain karena belum 100 persen rampung, juga karena menunggu terbit tarifnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap masyarakat bersabar.

“Mohon untuk kita semua bersabar, karena tidak lama lagi tol seksi Helvetia-Marelan ini juga akan dibuka,” pungkas Mahar.

Dibukanya nanti tol itu, menjadi alternatif baru bagi masyarakat untuk bepergian menuju Helvetia ke Marelan dan sebaliknya. Tol itu juga akan menyambungkan akses ke Kampung Lalang dan Binjai.

(Baca: Kondisi Terkini Tol Trans Sumatera, Medan-Binjai Progres Tanah 95,26 %, Konstruksi 91,93 %)

Tidak hanya itu, kata Mahar, seksi Helvetia-Marelan itu juga akan tersambung ke tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) dan tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi, setelah nantinya tol seksi Marelan-Tanjung Mulia sebagai sambungan dari seksi Helvetia-Marelan, tersambung.

(Baca: Seratusan Masyarakat Unjuk Rasa Tuntut Ganti Rugi Pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai)

“Saat ini, seksi Marelan-Tanjung Mulia belum dapat diselesaikan karena persoalan lahan. Namun, pada titik lahan yang bebas, pekerjaan terus dilaksanakan,” ucap Mahar.

Share this: