Raup Ratusan Juta dari Calo CPNS, Oknum PNS Pemko Binjai Foya-foya di Batam

Share this:
BMG
Ilustrasi penipuan CPNS.

BINJAI, BENTENGLANGKAT.com– Tingginya minat masyarakat menjadi Aparatur Sipil Negara (PNS) dimanfaatkan betul oleh AT, oknum PNS Pemko Binjai, untuk melancarkan aksi penipuan. Sedikitnya 15 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berhasil dia yakinkan bakal lolos seleksi dengan syarat menyetorkan uang tunai.

“Ada yang setor Rp20 juta dan Rp40 juta. Aku nggak ingat orangnya. Kalau 15 orang, ada,” sebut AT, kepada petugas Unit Reskrim Polsek Binjai Timur, Selasa (17/7/2018) sore.

Oknum PNS yang masih berstatus lajang ini berhasil diamankan petugas dari kediaman temannya di daerah Tunggurono, Binjai Timur, setelah setahun melarikan diri di Pulau Batam.

Namun ketika petugas menanyakan kemana dia taruh uang hasil mencaloi CPNS itu, AT yang beralamat di Jalan Perjuangan, Binjai Timur, menyebutkan bahwa seluruh uangnya telah habis selama dalam pelarian di Batam.

“Uangnya habis gitu-gitu aja selama aku di Batam,” ujarnya enteng.

Kanit Reskrim Polsek Binjai Timur Ipda M Ketaren, kepada BentengLangkat.com, membenarkan jika pihaknya telah mengamankan AT pada Selasa (17/7/2018) sore. Kini, pihaknya sedang mendalami kasus tersebut untuk mengungkap berapa orang yang menjadi korban tersangka.

Dijelaskan Ketaren, untuk melancarkan aksinya, pelaku selama ini mengaku bisa meloloskan siapa saja yang ingin menjadi CPNS, dengan syarat menyetorkan sejumlah uang. Namun, ketika pengumuman kelulusan CPNS tidak seorang pun yang lulus. Selanjutnya, para korban membuat laporan pengaduan pada setahun lalu. Sejak itu, AT melarikan diri dan belakangan diketahui bersembunyi di daerah pulau Batam.

Share this: