Di Langkat Pencari Kerja Lulusan SMA Cukup Tinggi

Share this:
Ilustrasi

LANGKAT, BENTENGLANGKAT.com – Para pencari kerja tamatan SMA di Kabupaten Langkat saat ini sudah mencapai 4.894 orang yang tersebar di 23 kecamatan dan sudah terdaftar pada Dinas Ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Langkat Saiful Abdi, di Stabat, Rabu, mengatakan dari 4.894 orang pencari kerja itu terdiri dari 2.212 orang laki-laki dan 2.682 orang perempuan yang kesemuanya merupakan tamatan sekolah menengah atas (SMA) yang sekarang ini sedang mencari kerja maupun juga ada yang sudah bekerja.

Dari pencari kerja itu masih terdapat sebanyak 1.921 orang lagi yang belum ditempatkan baik laki-laki maupun perempuan sementara ada juga beberapa yang sudah disalurkan ebanyak 338 orang dipekerjakan di perkebunan Langkat Nusantara Kepong (LNK).

Ada juga yang masuk dalam kerja antar daerah mereka ini dikirim oleh berbagai perusahaan untuk bekerja di Batam ataupun Pekanbaru seperti dibidang perkebunan, pabrik berdasarkan data sebanyak 377 orang.

Sementara yang bekerja di luar negeri terutama di Malaysia untuk operator perusahaan, perkebunan, bangunan dan restoran mencapai 2.193 orang yang kesemuanya ada yang dikontrak dua tahun hingga tiga tahun.

Pihaknya sekarang ini terus berusaha untuk menyalurkan tenaga kerja yang belum ditempatkan itu dengan melakukan berbagai pertemuan dengan pemilik berbagai perusahaan baik untuk antar daerah maupun luar negeri agar secepatnya bisa ditampung.

Selain itu juga berupaya untuk melakukan sosialisasi keberbagai desa agar bisa merekrut tenaga potensial namun karena keterbatasan anggaran belum bisa melaksanakan secara keseluruhan, termasuk ada juga untuk magang ke Jepang.

Share this: