Gakkumdu Kota Binjai Diresmikan

Share this:
Ist
Foto bersama usai peresmian sekretariat Sentra Gakkumdu Kota Binjai

BINJAI, BENTENGLANGKAT.com – Untuk optimalisasi penanganan tindak pidana Pemilu di Kota Binjai, Komisioner Bawaslu Sumut divisi penindakan dan pelanggaran, Hardi Munthe meresmikan sekretariat Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Binjai, Selasa (27/3/2018). Turut dalam peresmian tersebut Wakapolres, Kejari, Panwaslih Kota Binjai, serta Parpol yang ikut serta dipesta demokrasi mendatang.

Hardi Munthe mengatakan, diresmikannya Sentra Gakkumdu guna tercapainya kesamaan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana Pemilu antara Panwaslu dengan Kepolisian dan Kejaksaan untuk mewujudkan Sentra Penegakan Hukum yang terpadu dalam menangani pelanggaran Pemilu mendatang.

“Sentra Gakkumdu memegang peranan penting dalam setiap momen penyelenggaraan Pemilu. Baik Pemilu Gubernur 2018 dan DPR, DPD, DPRD serta pemilihan Presiden 2019 mendatang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Herdy mengaku bangga dan sangat mengapresiasi Panwaslih Kota Binjai yang melakukan acara peresmian Sekretariat Sentra Gakkumdu. Selain itu, Herdy berharap Kota Binjai menjadi barometer sebagai daerah percontohan, melakukan satu semangat untuk zero pelanggaran di Sumut.

Sementara itu, Wakapolres Binjai, Kompol Amir Muslim SH menyambut baik acara peresmian Kantor Gakkumdu di Kota Binjai. Amri mengaku optimis pelaksanaan Pilkada di Kota Binjai tidak akan menemui masalah apapun. Sebab, sambung Amir, sesuai dengan motto Kota Binjai sebagai kota yang aman, seluruh pihak dapat mendukung terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

“Menurut saya tugas Gakkumdu di Kota Binjai ini akan terasa lebih ringan kalau seluruh masyarakat dapat bersama-sama menjaga situasi yang aman dan kondusif,” katanya.

Senada dikatakan, Kasi Pidum Kejari Binjai, Bendry Almy SH, sentra Gakkumdu dibentuk mengingat proses penanganan hukum terkait pelaksanaan Pilkada harus cepat dilakukan sebagaimana terdapat dalam undang-undang

“Begitupun kita semua berharap agar situasi di Kota Binjai ini tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.

Share this: