Panen Raya Semangka di Langkat, Harga di Tingkat Petani Rp2 Ribu per Kg

Share this:
BMG
Petani di Langkat sedang bermuat semangka hasil panen dari kebun untuk dijual ke agen pengumpul di daerah itu. 

GEBANG, BENTENGLANGKAT.com– Saat ini di Kabupaten Langkat, sedang memasuki panen raya semangka. Harga di tingkat petani Rp2 ribu per kg, turun dari sebelumnya sempat seharga Rp3 ribu dan Rp2.600 per kg untuk jenis nonbiji.

Penurunan harga semangka ini dikarenakan produksi melimpah. Petani panen secara bersamaan di beberapa daerah. Sementara cuaca dingin yang berdampak kurangnya minat beli masyarakat.

“Kalau harga Rp2 ribu per kg masih ideal, karena kalkulasinya untuk biaya tanam, perawatan dan upah kerja, per satu pohon semangka hingga panen berkisar Rp1.500-Rp2 ribu. Jika per pohon minimal diproduksi 3 kg semangka, kan sudah Rp6 ribu,” ucap Adon, salah seorang petani semangka di Dusun Cinta Rakyat, Desa Paluh Manis, Kecamatan Gebang, Senin (8/4/2019).

BacaPesta Belum Usai, Ayu Bersama 2 Teman Prianya Digelandang ke Mapolsek Babalan

BacaPenumpang Terjaring Razia, Ternyata Bawa Sebungkus Ganja

Sementara menurut para pedagang penampung semangka, penurunan harga Rp2 ribu per kg karena banyaknya produksi, sedangkan permintaan konsumen menurun.

“Kalau tiga minggu lalu masih Rp2.600 setelah turun dari harga Rp3 ribu per kg. Harga Rp2 ribu ini pun kita pasok ke Aceh. Kalau ke Medan masih banyak semangka dari luar Langkat mengisi pasar Medan,” kata Dedek, pedagang pemasok semangka di Gebang.

Share this: