Innalillahi, Tuan Guru Babussalam Telah Berpulang ke Rahmatullah

Share this:
BMG
Presiden Joko Widodo saat bersilaturahmi ke kediaman Tuan Guru Babussalam Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani di Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, belum lama ini. Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo melakukan diskusi kebangsaan dengan Ulama Karismatik Langkat tersebut.

PADANG TUALANG, BENTENGLANGKAT.com– Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani wafat di Rumah Sakit Colombia Medan, Sabtu (16/11/2019), siang sekira pukul 11.30 WIB. Sebelumnya, Ulama Karismatik Langkat tersebut menjalani perawatan di rumah sakit itu.

“Beliau berpulang ke Rahmatullah, sekitar pukul 11.30 WIB,” kata anak kandung Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani, Haji Zamroni, di perkampungan religius Babussalam, Desa Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat.

Masih kata Zamroni, rencananya, jenazah Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani akan dikebumikan di perkuburan kompleks Babussalam, Minggu (17/11/2019). Ia meminta maaf kepada seluruh keluarga maupun masyarakat luas atas kesalahan yang mungkin dilakukan oleh ayahnya.

Sekadar diketahui, Tuan Guru Besilam itu wafat pada usia 82 tahun.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo pernah bertemu dengan Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani, pimpinan Pondok Pesantren Babussalam, pada Sabtu (29/12/2018) lalu. Pertemuan berlangsung sekitar 1 jam. Jokowi mengaku mendapat amanah agar tidak menyia-nyiakan rakyat.

BacaUlama-Umara Bersatu Demi Binjai yang Religius

Usai pertemuan, Jokowi mengaku telah mengenal Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani sejak menjabat Wali Kota Solo.

“Tadi, saya bersilaturahmi dengan Tuan Guru Besilam di Babussalam. Ini di Langkat dalam rangka membalas kunjungan karena beliau dulu saat saya masih di Solo, beliau datang, beliau rawuh (datang) ke Solo. Saya membalas kedatangan beliau yang jauh dari Babussalam ke Solo,” ujar Jokowi, seusai pertemuan.

BacaSetelah ‘Polisi Santri’, Kapolres Langkat Luncurkan ‘Jumat Barokah’

Jokowi mengaku mendapat beberapa pesan dari syekh ternama di Sumatera Utara itu. Pesannya tak lain soal menjaga amanah rakyat.

“Secara umum beliau menyampaikan agar negara sebesar Indonesia ini dikelola dengan kerja keras, yang baik dan amanah rakyat jangan disia-siakan. Itu intinya,” ujarnya.

Share this: